Sabtu, 12 Februari 2011

Pesona alam Pulau Tikus di Banggai Kepulauan

Kabupaten Banggai Kepulauan adalah salah satu daerah kabupaten paling ujung di Barat Laut Sulteng, terdiri dari gugusan pulau-pulau besar dan kecil baik yang didiami masyarakat maupun yang tidak, hal inilah yang membuat daerah ini memiliki potensi wisata alam khususnya wisata bahari yang sangat indah.

Di daerah ini terdapat satu pulau indah yang kerap dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, namanya pulau mekelu atau yang lebih popular disebut Pulau Tikus. Pulau tikus tepat berada di antara Banggai darat dan Kabupaten Banggai Kepulauan, Pulau ini tidak berpenghuni, namun di sana sudah dijadikan masyarakat setempat untuk bercocok tanam kelapa dalam, karenanya Pulau itu akan ramai jika musim panen kelapa. Pantainya sangat bersih dengan kemilau pasir putih yang mempesona.


Di pulau ini para wisatawan dapat melakukan berbagai aktifitas menyenangkan diantaranya, berenang di tepian pantai, berjemur dipasir putih dibawah sinar matahari tropis yang hangat, menyelam dan menyaksikan keindahan dunia bawah laut dimana terdapat spesies ikan yang eksotik dan langka yaitu bangai cardinal fish, memancing, atau fhoto hunting.

Selain karena keindahannya , pulau tikus digemari wisatawan atau para pelancong karena suasana alamnya yang masih asli dan terjaga, dengan begitu privasi para pelancong pun akan sangat terjaga, umumnya para wisatawan yang mengunjungi pulau ini berasal dari dua pintu, yakni Walea Kepulauan dan Manado. Para turis itu, setelah menikmati Taman Laut Kepulauan Togian di Kecamatan Walea Kepulauan Toko Una-una, kemudian pindah lagi ke pulau Tikus.


Akses Menuju Pulau Tikus

Untuk menuju ke pulau Tikus, para wisatawan harus melalui Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai. Untuk menuju pulau Tikus, dapat ditempuh dalam waktu dua jam menggunakan perahu cepat dari Banggai Darat.

Sumber :
http://disbudpar.sulteng.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=106:pesona-alam-pulau-tikus-di-banggai-kepulauan&catid=55:banggai-kepulauan&Itemid=125

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar