Sabtu, 12 Februari 2011

Pulau Peling, Mutiara di Banggai Kepulauan

Tidak banyak orang mengenal nama Pulau Peling. Padahal, mutiara di Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, itu menyimpan pesona alam yang luar biasa. Masalah transportasi masih menjadi hambatan untuk menjangkau pulau kecil itu.

Paling tidak dibutuhkan waktu selama tiga jam, untuk mendapati pesona mutiara di Kepulauan Banggai itu dari Pelabuhan Luwuk, dengan menumpang kapal Aldus. Kapal itu tidak terlalu besar. Jadi, bersiap-siaplah berdesak-desakan dengan penumpang lain sambil disirami angin laut dari luar kapal.


Pulau Peling, dengan luas� 2.340 kilometer persegi, merupakan satu dari ratusan pulau di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Pemandangan laut luar biasa. Airnya jernih. Pohon kelapa tersebar di mana-mana.

Di temapat itu juga ada kolam renang yang bersumber dari mata air. Sangat alami. Warga setempat menyebutnya Mata Air Luwuk Panenteng. Airnya benar-benar bening dan memberikan kesegaran.

Keindahan Pulau Peling tak ubahnya pulau-pulau di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang baru saja dilanda bencana tsunami. Sangat disayangkan, bila mutiara itu masih dinikmati oleh segelintir orang.(SHA)

Sumber :
http://gayahidup.liputan6.com/berita/201011/307309/Pulau.Peling.Mutiara.di.Banggai.Kepulauan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar